Kamis, 15 Januari 2009

Rasa Ingin Tahu



Seorang anak berusia 2 tahun tampak sedang menatap laptop, di sampingnya ada sebuah PDA yang dijadikan modem. Yah... anak ini sedang surfing di internet dan ini adalah anak saya... Yang dicarinya tidak neko-neko, gambar ikan, gambar mobil truk dan bus. Dan biasanya setelah melihat gambar-gambar tersebut ia akan bercerita dengan penuh semangat tentang apa yang telah ia lihat kepada ayahnya.... (dan ayahnya adalah saya).

Dari situ ada sebuah pelajaran yang sangat berharga buat kita semua.... RASA INGIN TAHU yang sangat besar pada anak. Setiap anak dilahirkan dengan dibekali secara fisik dengan adanya otak. Otak pada anak mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat. Usia 0 - 5 tahun merupakan golden period bagi tumbuh kembang otak sehingga nutrisi yang bergizi dan stimulus yang optimal menjadi sangat penting pada masa ini. Kemampuan anak belajar sangat mengagumkan, kita bisa perhatikan bahwa seorang anak dari mulai hanya bisa menangis, kemudian babling, mengucapkan kata-kata sederhana sampai kalimat lengkap serta mengenali dan menyebutkan benda-benda pada dirinya serta di lingkungan sekitarnya. Ada banyak informasi yang ia serap dan ia simpan dalam otaknya. Itu baru dari satu sisi, belum lagi kemampuan fisik dan mental lainnya yang terus menerus berkembang.

Kenapa anak cepat sekali belajar?... Menurut saya ada satu alasan yaitu RASA INGIN TAHU yang sangat besar yang menjadikannya belajar dengan cepat dan mengingat informasi yang sangat sangat sangat sangat banyak....

Andai kita bisa seperti anak-anak yang punya rasa ingin yang besar (ditambah dengan pikiran yang bersih), barangkali kita pun akan dengan sangat cepat dalam belajar. Ini sangat bermanfaat terutama buat kita yang sudah (merasa) tua dan (harus) kuliah lagi (seperti saya). Biasanya sulit sekali untuk memahami apalagi menghafal. Perlu berulang-ulang kali untuk membaca sebuah artikel. Tapi proses kemunduran fungsi pasti sudah terjadi pada kita yang sudah tua karena segala sesuatu yang terus menerus kita pakai, suatu waktu pasti akan menurun fungsinya, atau bahkan rusak (wear and tear theory). Namun tentu kita tidak akan menyerah pada kemunduran fungsi ini, sebab ada tips yang lain.

Tipsnya seperti kata mutiara yang mengatakan (tepatnya saya tidak ingat) bahwa modal awal menuntut ilmu adalah diam, merasa tidak tahu apa-apa. Setelah itu yang ke dua, mendengar dengan tekun, yang ke tiga faham dan hapal, yang ke empat mengamalkannya dan yang ke lima menyebarluaskannya. Tips ini barangkali akan memudahkan kita untuk belajar....

Semoga sukses untuk kita semua......

1 komentar:

fahrisalakbar mengatakan...

Wah, keren iki anaknya Mas.... :D

Nampaknya gk lama lagi bakalan nyusul ayahnya ke SIMKES UGM dan juga ingin ambil gelar MPH.... :D
Heeee.... :D

Hebat euy....sukses terus ya Mas.... :D